Contoh Membuat Platform (kesehatan)


[ CONTOH PLATFORM KESEHATAN ]

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah membantu berbagai sektor industri menjadi lebih efisien dan inovatif dalam memberikan pelayanan. Salah satunya pada sektor industri kesehatan yaitu pada pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit. Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan telah ikut berpartisipasi dalam memanfaatkan teknologi informasi khususnya dalam pengembangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit digital.

Melihat potensi dalam pengembangan aplikasi yang bisa dikembangkan dalam institusi Rumah Sakit dan melihat kompleksnya informasi yang perlu di manajemen dengan baik dalam Rumah Sakit itu sendiri membuat Docotel mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah sakit yang bernama Rumah Sakit Diah's Mitra.

Pada Delphi 7 kita dapat membuat berbagai aplikasi dengan platform windows 32 bit. Aplikasi yang dihasilkan bisa berupa single file (*.exe) ataupun dengan multi file (*.exe beserta library *.dll atau *.ocx ). Karena banyaknya component pallete yang disediakan, maka kita bisa membuat berbagai aplikasi dengan keperluan mulai dari perkantoran, pengolahan data base, interfacing port komputer, dan lain-lain.

Untuk membuat sebuah Aplikasi sebaiknya kita melakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Merancang Aplikasi yang akan dibuat beserta alur program secara umum.
  2. Membuat Project baru pembuatan aplikasi.
  3. Merancang Form antarmuka pengguna.
  4. Menuliskan kode program yang berkaitan dengan Form.
  5. Meng-compile dan mengeksekusi project menjadi file Aplikasi.
  6. Melakukan Debug/perbaikan/penyesuaian terhadap kode program yang tidak sesuai.
  7. Melakukan rilis project dengan versi pertama.

Contoh membuat Aplikasi Sederhana dengan Delphi 7 :

1. Perancangan program

Disini kita akan membuat sebuah aplikasi sederhana berupa platform dunia seputar dunia kesehatan yaitu aplikasi rumah sakit yang saya beri nama " Rumah Sakit Diah's Mitra ".

Rumah Sakit Diah's Mitra  adalah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah sakit yang berfungsi untuk memudahkan pelayanan Rumah Sakit menjadi lebih cepat, rapi dan efisien dalam pengelolaan informasinya.

Adapun Alur Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah sakit yang bernama Rumah Sakit Diah's Mitra sebagai berikut:



Fitur Unggulan :

  • Aplikasi Hospital Information System (HIS) Berbasis Web dan Mendukung Transaksi yang Intens
  • Modul Dashboard Dokter pada Monitor Touchscreen
  • Antrian Pasien (poli dan apotik)
  • Dashboard Dokter terintegrasi :
      – Rekam Medis
      – Riwayat Pasien
  • eMedical Check Up (ex : kuisioner menggunakan tablet pc)
  • Data RS/Klinik cabang yang berbeda terintegrasi real time
  • Metode input data lebih cepat dengan tombol-tombol shortcut.


2. Membuat project baru pada Delphi 7

Setiap aplikasi yang akan dibuat akan di kompile dari sebuah project, oleh karena itu kita harus membuat project baru terlebih dahulu sebelum membuat aplikasi. Project baru akan membuat sekumpulan file seperti *.dpr, *.pas, *.dcu, *.dfm. Diantara beberapa file tersebut ada dua file yang utama yaitu file *dpr (file project) dan file *.pas (file source kode)

Tips : Untuk memudahkan perancangan program sebaiknya semua file tersebut kita tempatkan pada sebuah folder baru yang kita buat sesuai dengan nama project.

Langkah-langkah membuat project baru:
  1. Buat Folder baru pada Drive C dengan nama Delphi Program, lalu buat folder baru didalamnya dengan nama Latihan.
  2. Buka program Delphi 7 pada Start > Program > Borland Delphi 7 > Delphi 7 atau pada icon desktop jika sudah dibuat shortcut-nya.
  3. Saat tampil pertama kali biasanya Delphi 7 akan membuat sebuah project dengan nama Project1.
  4. Simpan project dengan cara File > Save Project As
  5. Kemudian akan tampil kotak dialog Save Unit1 As, arahkan lokasi file pada folder Latihan dan beri nama dengan Ulatihan lalu klik Save.
  6. Selanjutnya akan tampil kotak dialog Save Project1 As, arahkan lokasi file pada folder Latihan dan beri nama dengan Platihan lalu klik Save.
  7. Sekarang kita sudah mempunyai sebuah project baru dengan nama Platihan dan File kode program dengan nama Ulatihan.
  8. Setelah selesai, Tekan F9 atau Klik Run > Run untuk mengujinya, jika benar akan tampil sebuah form kosong.

3. Merancang Form antar muka pengguna

Jika proses pembuatan project sudah benar, maka langkah selanjutnya adalah menempatkan komponen-komponen didalam Form.

Rancangan form :

1. Dashboard atau menu utama


2. Form DATA yang dibutuhkan






Cara menempatkan komponen didalam Form :

  1. Pada tab Component Pallete > Standar,  klik Button lalu klik pada Form1 dan akan tampil Button1 pada Form.
  2. Ulangi langkah no.1 untuk membuat Button2 dan Button3 dst.
  3. Pada tab Component Pallete > Standar, klik Label lalu klik pada Form1 dan akan tampil Label pada Form.
  4. Ubah properti masing masing komponen dengan data berikut ini:
  5. Tekan F9 untuk mencoba menjalankan program.

4. Menuliskan kode program yang berkaitan dengan Form

Jendela IDE Delphi 7 mempunyai perangkat-perangkat yang dapat dipergunakan untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat program. Secara default , Borland telah mengatur letak perangkat-perangkat sedemikian rupa, perangkat-perangkat tersebut diantaranya :
  1. Menu Bar
  2. Tool Bar
  3. Component Palette
  4. Object TreeView
  5. Object Inspector
  6. Form Designer
  7. Code Editor
  8. Code Explorer

1. Menu Bar

Menu pada Delphi memiliki kegunaan seperti menu pada aplikasi Windows lainnya. Dari menu ini programmer dapat memanggil, menyimpan program, menjalankan program, meremove komponen atau menambahkan komponen baru dan lain sebagainya. Singkatnya segala sesuatu yang berhubungan dengan IDE Delphi dapat Anda lakukan dari menu.

2. Speed Bar / Tool Bar

Speed Bar atau yang sering juga disebut toolbar berisi kumpulan tombol yang tidak lain adalah pengganti beberapa item menu yang sering digunakan. Dengan kata lain, setiap tombol pada Speed Bar menggantikan salah satu item menu. Sebagai contoh, tombol kiri atas adalah pengganti File New , tombol disebelah kanannya adalah pengganti menuFile Open , dan seterusnya.

3. Component Palette

Component Palette berisi kumpulan icon yang melambangkan komponen-komponen pada VCL ( Visual Component Library ). VCL adalah merupakan pustaka komponen yang dengannya Anda dapat membangun sebuah aplikasi. Pada Component Palette , terdapat beberapa tab, yaitu Standard , Additionals , Data Access , Data Controls dan lain sebagainya.

4. Object TreeView

Object TreeView berisi struktur pohon yang menampilkan semua nama komponen yang telah Anda letakkan pada form designer atau biasa juga disebut dengan hirarki seperti pada Windows Explorer .

5. Object Inspector

Object Inspector digunakan untuk mengubah karakteristik dari sebuah komponen. Ada dua tab pada Object Inspector , yaitu Properties dan Events . Pada tab Properties Anda dapat mengubah nilai dari beberapa komponen yang telah diletakkan pada form , sedangkan tab Eventsdigunakan untuk menyisipkan kode untuk menangani kejadian tertentu. Kejadian dapat dibangkitkan karena bebarapa hal, seperti pengklikan mouse, penekanan tombol keyboard, penutupan jendela dan lain sebagainya.

6. Form Designer

Form Designer merupakan tempat dimana programmer dapat merancang jendela aplikasi atau tempat untuk desain interface dari aplikasi Windows . Desain form dilakukan dengan cara meletakkan komponen-komponen yang diambil dari Component Palette.

7. Code Editor

Code Editor adalah tempat dimana programmer menuliskan kode program yang pernyataan-pernyataannya dalam bahasa Object Pascal . Hal utama yang perlu diperhatikan dalam Code Editor adalah Anda tidak perlu menuliskan seluruh kode sumber karena Delphi telah menuliskan semacam kerangka sumber.

8. Code Explorer

Code Explorer merupakan fasilitas baru yang terdapat di dalam Delphi 7 yang tidak ditemukan pada versi-versi sebelumnya. Code Explorer digunakan untuk memudahkan pemakai berpindah antar file unit yang terdapat di dalam jendela Code Editor.

Setelah selesai, tekan F9 dan akan tampil aplikasi sesuai dengan tampilan program jadi pada perancangan.

Jika jalannya program sudah sesuai dengan rancangan awal lalu simpan project.

Jalankan dengan menjalankan aplikasi delphinya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Analisa Website Traveloka

KEBUTUHAN DESAIN GRAFIK PADA APLIKASI WEB