ANALISA PERILAKU PENGUNA WEB, STRUKTUR DAN JENIS DARI SEBUAH SITUS WEB

MAKALAH
ANALISA PERILAKU PENGUNA WEB, STRUKTUR DAN JENIS DARI SEBUAH SITUS WEB

Ditulis untuk memenuhi tugas kelompok Pengantar Web Science







Dosen Pembimbing
Muhammad Achsan Isa Al Anshori


Disusun oleh :
Damara Syaidil Fitrayatulloh  (51418626)
Diah Nur Khasanah                (51418862)
Mariana Nur Asyidah             (53418986)



TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020








 

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas penulisan makalah mata kuliah Pengantar Web Science tepat waktu. Tidak lupa shalawat serta salam tercurah kepada Rasulullah SAW yang syafa’atnya kita nantikan kelak.
            Penulisan makalah berjudul “Analisa Perilaku Pengguna Web, Struktur dan Jenis dari Sebuah Situs Web ” dapat diselesaikan karena bantuan banyak pihak. Kami berharap makalah ini dapat menjadi referensi bagi pihak yang tertarik pada bidang Web. Selain itu, kami juga berharap agar pembaca mendapatkan sudut pandang baru setelah membaca makalah ini.
            Penulis menyadari makalah ini masih memerlukan penyempurnaan, terutama pada bagian isi. Kami menerima segala bentuk kritik dan saran pembaca demi penyempurnaan makalah. Apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini, kami memohon maaf.
            Demikian yang dapat kami sampaikan. Akhir kata, semoga makalah kelompok kami ini dapat bermanfaat.



Bekasi, 10 Juli 2020


Penulis










BAB I - PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang

       Di era teknologi atau zaman digital saat ini, mengakses internet dan membuka website adalah kegiatan yang lazim dilakukan oleh semua generasi. Pasalnya, makin banyak aktifitas yang mengharuskan kita terkoneksi dengan internet, sebuah aktifitas yang menjadi kebutuhan, mulai dari aktifitas kecil seperti mencari info kuliner, melihat email, hingga mengurus pekerjaan atau bisnis online, mengharuskan membuka sebuah website. Seiring dengan perkembangan zaman, pastinya tren-tren banyak bermunculan. Terutama tren pada website sendiri, pada tren website ini terdapat tren desain dan teknologinya.
       Tujuan penggunaan website ini biasa nya digunakan sebagai media promosi, alat penjualan, menawarkan jasa, ataupun memberikan materi informasi dengan ringkasan yang detail dan disertai gambar suatu instansi atau sebuah lembaga tertentu. Namun penggunaan website tidak hanya itu kini banyak masyarakat yang membuat akun dari sebuah website tertentu yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang lain dari jejaring sosial, seperti hal nya Facebook, Instagram, WhatsApp, Line dll. Namun semakin berkembang nya zaman website juga dapat menjadi perusahaan jasa seperti perusahaan reservasi tiket pesawat dan hotel, perusahaan ojek online dll. Website memiliki banyak manfaat di kehidupan kita. Website bisa digunakan untuk mengakses media sosial, mengirim pesan dengan orang lain, mencari informasi peting dan menghasilkan uang. Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan melalui website. Oleh karena itu kami akan mencoba mencari tahu mengenai para pengguna website.

1.2         Rumusan Masalah

1.      Menjelaskan bagaimana perilaku pengguna web?
2.      Menganalisis peran serta dampak dari perilaku social dari pengguna?
3.      Menganalisis jenis web dan yang paling sering diakses oleh pengguna?
4.      Menjabarkan apa saja struktur dari suatu web?

1.3         Tujuan Penulisan

1.      Menyelesaikan tugas kelompok mata kuliah pengantar Web
2.      Menyebarluaskan hasil analisis perilaku pengguna web
3.      Menjelaskan struktur dan jenis dari sebuah situs Web




BAB II – PEMBAHASAN
2.1  Perilaku Para Pengguna Web di Indonesia
      Di Negara Indonesia sekarang ini  menjadi negara berkembang dengan tingkat pengguna internet mencapai 171,71 juta jiwa dari keseluruhan total  populasi penduduk di  Indonesia mencapai 264,16 juta jiwa.Berdasarkan data yang dihimpun dari We Are Social pada awal 2019, media sosial yang menjadi kegemaran pengguna internet Indonesia adalah Youtube dengan total 88 persen. Musik menjadi hal yang paling digemari masyarakat Indonesia dan ini terbukti dari keyword lagu yang paling sering dicari. Bahkan pengguna Indonesia rata-rata mengahbiskan waktu kurang lebih 3 jam untuk media sosial. Selain itu, pengguna di Indonesia gemar dalam memberi komentar di media social. Hal ini dapat dibuktikan melalui twitter dimana trending twitter ada banyak sekali ragamnya. Separuh dari total penduduk Indonesia telah menggunakan web, biasanya masyarakat menggunakannya untuk mencari informasi, mencari pekerjaan, menjadikannya sebagai hiburan atau menggunakannya sebagai bisnis. Selain itu, banyak juga pengguna web yang memanfaatkan internet untuk mencari informasi baru dilayanan e-commerce yang kemudian melakukan pembelian secara online.

2.2  Dampak Dan Peran Dari Perilaku Social Dari Pengguna
2.2.1        Dampak Positif dari penggunaan Web Media Sosial
Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan web yaitu Sebagai media penyimpanan informasi. Yang sangat mudah menyebar melalui situs jaringan sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut.selain itu situs jaringan sosial membuat anak dan remaja lebih bersahabat, perhatian. Dengan mengggunakan situs-situs web, para pengguna internet diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Kemudian Media sosial juga dapat menyambung tali silaturrahmi memudahkan bagi orang yang memiliki sanak family yang jauh, jaringan sosial ini sangat bermanfaat dan berperan untuk mempertemukan kembali keluarga dan kerabat yang berada jauh dari kita, dan yang jauh dengan yang lama sudah tidak bertemu. Hal tersebut dapat dilakukan lewat media maya seperti video call. Media sosial juga mempermudah berbelanja, seperti menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari di sosial media, online shop, pria dan wanita,hal tersebut sangatlah mudah dilakukan, Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jsanya tanpa mengeluarkan banyak biaya. Dan Media sosial juga dapat memanfaatkan jalan dakwah atau menyampaikan ajaran-ajaran islam. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna bisa bersosialisasi dengan publik mengelola jaringan pertemanan, dan beradaptasi dengan siapapun, bahkan orang yang tidak dikenal dari dunia.
2.2.2        Dampak Negatif  dari penggunaan Web Media Sosial
Penggunaan web media sosial juga dapat memberikan dampak yang negatif terhadap masyarakat, seperti yang kita lihat sekarang web media sosial dijadikan media untuk menanamkan kebencian terhadap orang lain dengan mengunggah kata-kata atau gambar yang tidak etis sehingga terbangun rasa tidak senang dan benci terhadap seseorang, terutama mereka yang memiliki posisi penting baik di pemerintahan maupun lembaga-lembaga Negara. Web media sosial dijadikan sarana untuk mencaci maki bahkan mempropokasi orang lain, perilaku ini sangat berbahaya apalagi yang menyangkut kelangsungan hidup bernegara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mungkin kedepan sebelum terlalu kebablasan perlu ada kontrol untuk mengatur pemanfaatan web media sosial sebagai sarana komunikasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Penggunaan web media sosial juga berdampak kepada hubungan suami istri, karena dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika salah satu pasangan membangun hubungan yang tidak wajar. Banyak sekali kasus-kasus yang kita lihat dimana dalam suatu rumah tangga hancur berantakan dan akhirnya bercerai akibat penggunaan web media sosial yang tidak terkontrol dan yang menanggung resikonya adalah anak-anak yang tidak bersalah.
2.2.3        Web Media Sosial dan Perubahan Perilaku
Penggunaan web media sosial juga membawa perubahan perilaku terhadap masyarakat. Sebagai contoh, kita sudah jarang berkomunikasi dengan lingkungan sekitar, semisal pada saat antri di loket-loket pelayanan, mereka masing-masing sibuk dengan smartphonenya tanpa memperdulikan orang-orang sekitarnya, bahkan banyak orang yang kita lihat termasuk teman sekantor kita pekerjaannya tidak selesai bahkan terbengkalai karena sibuk berkomentar atau memberikan komentar-komentar melalui facebook, yang sebenarnya tidak terlalu bermanfaat untuk dirinya. Dan yang paling memprihatinkan adalah dampak web media sosial terhadap perilaku anak-anak kita yang masih remaja, mereka menjadi apatis dan cuek dengan lingkungannya, kita orang tua semakin sulit berkomunikasi dengan anak-anak kita, apalagi diharapkan membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Web media sosial menjadikan anak-anak kita semakin malas belajar dan susah diatur, karena hampir semua waktunya dihabiskan untuk mengutak-atik informasi, baik di sekolah, di luar sekolah ataupun di rumah. Anak-anak lebih memilih web media sosial untuk mencurahkan unek-uneknya dari pada orang tuanya, dan yang paling parah hampir semua persoalan yang dihadapi dia sampaikan ke web media sosial, termasuk hal-hal yang sipatnya pribadi sehingga semua orang tahu, padahal mestinya orang tidak perlu tahu. mereka tidak menyadari bahwa apa yang kita sampaikan sudah menjadi konsumsi publik dan sulit ditarik kembali. Persoalan ini tidak dapat dibiarkan, perlu ada solusi mengingat anak-anak kita adalah harapan kita yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan kedepan. Oleh karna itu, tidak perlu terlalu mengikuti perkembangan jaman, kita harus pandai-pandai memilih cara dalam pergaulan di media sosial jangan sampai kita dikuasai oleh dunia tapi kitalah yang harus menguasai dunia, jangan pula menjadi orang yang ketinggalan jaman, sekian dari saya semoga bermanfaat.
2.3      Jenis Jenis Web dan Web yang Paling Sering di Akses
2.3.1        Jenis Jenis web
Ø  Jenis Website Berdasarkan Sifat
Berbagai jenis-jenis website berdasarkan sifat berikut ini bisa Anda jadikan pilihan ketika akan membangun sebuah website.
1.      Website Statis
        Secara sederhana, website statis dapat didefinisikan sebagai website yang kontennya konstan atau tidak berubah. Setiap laman dibuat dengan kode HTML dan menunjukkan informasi yang sama kepada setiap pengunjung. Hanya webmaster atau developer yang bisa melakukan update pada konten website statis. Umumnya website statis dibuat dengan menggunakan HTML dan CSS oleh developer yang memahami pemrograman dan coding. Anda juga bisa menggunakan generator website statis seperti Jekyll, Hexo, atau Hugo. Karena website statis tidak membutuhkan update konten secara berkala, website statis tidak memerlukan database. Biasanya website statis digunakan untuk website perusahaan yang hanya perlu memberikan informasi-informasi dasar seperti alamat, kontak, dan sejarah perusahaan.
2.      Website Dinamis
        Sebaliknya website dinamis adalah website yang kontennya selalu di-update secara berkala. Kebanyakan website bersifat dinamis karena lebih mudah dikelola dibandingkan website statis. Website dinamis menampilkan kontennya dari database yang biasanya hanya bisa diakses oleh webmaster atau developer. Meskipun begitu, website dinamis memungkinkan untuk memiliki beberapa user yang bisa melakukan update konten website tanpa mengganggu desain web.
Ø  Jenis-JenisWebsite Berdasarkan Platform
Tersedia berbagai cara untuk membuat website. Setidaknya Anda bisa membangun website dengan tiga metode, yaitu menggunakan CMS, website builder, atau kode.
1.      CMS
      Metode pertama adalah cara yang paling populer, yaitu menggunakan Content Management System (CMS). CMS adalah perangkat lunak atau sistem yang digunakan untuk membuat dan mengatur konten digital. Anda bisa membuat website dengan cepat dan mudah menggunakan CMS. Beberapa CMS yang paling banyak digunakan adalah WordPress, Joomla!, dan Drupal. Dari ketiga CMS populer tersebut, WordPress adalah yang paling mudah untuk dioperasikan. Selain mudah dioperasikan, WordPress juga merupakan pemegang market share terbesar CMS dengan angka 59.9 persen. Artinya lebih dari separuh pengguna CMS adalah pengguna WordPress. Artinya Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan tips dan tutorial WordPress. Selain itu, banyak pengembang WordPress yang menyediakan plugin yang mempermudah Anda menambah fitur di website. Anda bisa menggunakan WordPress hosting untuk membuat jenis website apa saja dari, website perusahaan, website toko online, sampai blog atau website pribadi. Perusahaan besar pun banyak yang menggunakan WordPress. Beberapa di antaranya adalah Meskipun membuat website dengan CMS termasuk mudah, Anda tetap perlu mempelajari cara penggunaannya. Masing-masing CMS mempunyai cara kerja yang berbeda. Namun, jika Anda menggunakan WordPress, kesempatan belajar Anda akan lebih mudah karena tersedia banyak tutorial WordPress di internet seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.
2.      Website Builder
      Jika Anda ingin cara membuat website yang lebih mudah lagi, Anda bisa menggunakan website builder. Website builder adalah platform yang membantu Anda membuat website dengan cepat, tanpa perlu memahami coding atau kemampuan desain sama sekali. Website builder cocok untuk Anda yang ingin membuat website dalam waktu singkat, tidak mempunyai kemampuan teknis dan tidak ada waktu untuk mempelajarinya. Beberapa contoh website builder populer adalah Wix, Site Builder, dan Weebly. Kelebihan dari website builder adalah pengguna mendapatkan paket lengkap membuat website, dari hosting, domain, hingga pilihan template. Pengguna hanya perlu mengganti konten sesuai yang diinginkan dan bisa dibantu oleh support dari penyedia website builder.
3.      HTML dan CSS
      Jenis website berdasarkan platform yang terakhir adalah website yang menggunakan HTML dan CSS. Masih ingat jenis website di awal artikel ini? Betul, website statis. Biasanya website statis dibuat menggunakan metode ini. Metode membuat website terakhir ini memerlukan pengetahuan tentang coding dan pemrograman menggunakan HTML dan CSS. Anda bisa membuat kode untuk website menggunakan software seperti Notepad++, Text Wrangler, atau Sublime Text.
Ø  Jenis Website Berdasarkan Fungsi
Website juga dibagi berdasarkan fungsi dan tujuan pembuatannya. Berikut adalah beberapa fungsi website yang paling umum
1.      Blog atau Website Pribadi
      Sejak awal tahun 2000-an, blog menjadi tren baru sebagai jurnal pribadi yang bisa dikelola dan diakses secara online. Jika Anda ingin menuliskan pengalaman pribadi, opini, atau kisah perjalanan, Anda bisa mempublikasikannya melalui blog. Menuliskan cerita blog bahkan bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Banyak blogger Indonesia yang sukses melalui blog mereka seperti Trinity Traveler, Anak Jajan, dan Sugeng.


2.      Ecommerce/Toko Online
      Anda juga dapat memanfaatkan website untuk membuat toko online. Meskipun Anda sudah berjualan di marketplace atau media sosial, Anda tetap memerlukan website. Sebagaimana Anda memiliki toko fisik di dunia nyata, website dapat difungsikan sebagai “toko” Anda di dunia maya. Anda bisa mengarahkan calon konsumen dari media sosial ke website toko online agar semua transaksi terjadi di website. Jadi semua transaksi toko online bisa tercatat secara otomatis dan Anda bisa mengevaluasinya dengan mudah menggunakan bantuan Google Analytics.
3.      Website Perusahaan
      Jika perusahaan Anda tidak melakukan transaksi secara online, Anda juga perlu memiliki website resmi perusahaan agar calon konsumen bisa menemukan informasi resmi tentang perusahaan Anda dari website resmi.  Dengan begitu, kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda akan meningkat karena mereka bisa menemukan informasi resmi yang dibutuhkan melalui mesin pencarian.
4.      Blog (Content Marketing)
      Selain digunakan sebagai jurnal pribadi, blog juga dapat digunakan sebagai alat content marketing. Anda dapat mendatangkan trafik ke website toko online atau website perusahaan Anda melalui blog.bAnda dapat membuat konten atau artikel menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh calon konsumen Anda. Misalnya, Anda menjual sepatu kulit. Anda bisa menulis artikel di blog content marketing dengan kata kunci seperti “cara merawat sepatu kulit” atau “sepatu kulit terbaik”.
5.      Organisasi atau Instansi Pemerintah
      Website juga dapat dimanfaatkan sebagai laman resmi organisasi. Hal ini agar masyarakat bisa mengakses informasi terbaru tentang kegiatan organisasi dengan mudah. Biasanya website organisasi menggunakan domain .org atau .or.id. Sedangkan website instansi pemerintah menggunakan domain .go.id.
6.      Media Sharing
      Jenis website ini berguna untuk berbagi media baik gambar, file musik, hingga video. User dapat upload ke situs tersebut dan bisa dilihat oleh pengguna lainnya. Contoh website jenis ini ialah seperti souncloud, youtube, dan berbagai web stock photo.
7.      Komunitas Online
      Website juga dapat dimanfaatkan sebagai komunitas online. Tersedia berbagai komunitas online di internet dengan macam-macam topik. Biasanya satu website komunitas online hanya membahas tentang satu topik tertentu. Di website komunitas online ini, pengunjung bisa mendapatkan informasi terbaru, tips, atau tutorial dari satu atau beberapa topik tertentu. Misalnya, pengguna web hosting Indonesia mempunyai website komunitas online Diskusi Web Hosting. Para pembaca buku juga memiliki website komunitas online Good Reads. Ada juga komunitas online perempuan yang bernama Female Daily.
8.      Website Berita
      Website dengan tujuan untuk menyebarkan berita mungkin adalah jenis website paling familiar untuk Anda. Di era serba digital, portal berita online berhasil menggeser bentuk media lain sebagai sumber informasi.
2.3.2        Website yang paling banyak di akses
       Trafik website yang paling banyak di kunjungi di Indonesia dengan berbagai jenis konten dan layanan yang disajikan. Apa saja yang paling banyak di akses di indonesia per Juli 2019.
1.      Google
Google layanan pencarian yang paling banyak di akses di Indonesia, layanan Google adalah sebuah  layanan pencarian yang menghasilkan berita, maps, video, gambar, belanja, buku dan penerbangan. Salah satu layanan pencarian yang paling di gemari, karena layanan pencarian apa saja disajikan secara cepat.
2.      Tribunnews
Tribunnews layanan portal berita indonesia, yang menyajikan berbagai kategori seperti Bisnis, Berita Daerah, Travel, Otomotif dan teknologi, layanan website ini menduduki trafik posisi kedua.
3.      Okezone
Okezone merupakan website layanan portal berita yang menyajikan dalam bentuk teks dan gambar, dengan menduduki urutan nomor 3 di indonesia. Sajian yang diberikan oleh Okezone seperti berita, bola, finance, otomotif, muslim dan sajian hasil pemilu.
4.      Youtube
Youtube adalah salah satu layanan yang menyajikan pencarian video konten edukasi, vlog, tutorial dan masih banyak lagi, di sajikan secara interaktif dengan ditambakan layanan jasa iklan kepada konten. Trend sekarang banyak sekali menggunakan media youtube untuk memperkenalkan produk mereka lewat youtube.
5.      Detik
Detik menduduki peringkat nomor 5 paling banyak di akses di Indonesia, dengan layanan mereka yaitu menampilkan berita seperti otomotif, olahraga, motogp, berita, finance, kesehatan dan masih banyak lagi. Detik memfokuskan pada layanan berita yang aktual dan trend yang ada di Indonesia.
6.      Sindonews
Sindonews lagi lagi layanan portal berita paling banyak di akses di Indonesia dengan urutan nomor 6, layanan berita sindonews mencakup nasional, daerah dan international dengan berbagai konten berita seperti berita daerah, lifestyle dan oleh raga.
7.      Liputan 6
Liputan 6 pagi ini menayangkan trafik website yang paling banyak di akses, salah satunya adalah menduduki urutan ke 7 paling banyak diakses. Liputan 6 merupakan layanan portal berita yang menyajikan berita terupdate dan terkini.
8.      Bukalapak
Yeee.. ternyata ada website e-commerce indonesia yang menduduki posisi ke 8 paling banyak di akses, Bukalapak merupakan layanan ecommerce jual belii onlinde terbesar di indonesia, dengan memberikan tempat atau lapak untuk dapat jualan online secara gratis.
9.      Kompas
Layanan berita yang sudah ternama di indonesia, ternyata menduduki peringkat 9 webste paling banyak di akses di Indonesia.  Kompas.com adalah salah satu pionir media online di Indonesia ketika pertama kali hadir di Internet pada 14 September 1995 dengan nama Kompas Online. Mulanya, Kompas Online atau KOL yang diakses dengan alamat kompas.co.id hanya menampilkan replika dari berita-berita harian Kompas yang terbit hari itu. Tujuannya adalah memberikan layanan kepada para pembaca harian Kompas di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh jaringan distribusi Kompas. Dengan hadirnya Kompas Online, para pembaca harian Kompas terutama di Indonesia bagian timur dan di luar negeri dapat menikmati harian Kompas hari itu juga, tidak perlu menunggu beberapa hari seperti biasanya.
10.  Grid.id
Grid.ID menyajikan "Celebrity Breaking News", mengabarkan secepatnya kisah selebriti lokal dan dunia, tidak saja saat mereka menjalankan profesinya, tapi ketika menjalani hidupnya sehari-hari. Grid ID menduduki top ten website paling banyak di akses di Indonesia.
Demikian 10 website yang paling banyak di akses di Indonesia, semoga bermanfaat.

2.4      Struktur Web
2.4.1        Link Structure
Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :
1.      Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
2.      Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
3.      Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
4.      Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs

Contoh Struktur Web :




A.    Struktur Situs Web :
ü  Struktur Linear
ü  Struktur Grid
ü  Struktur Hierarki

B.     Struktur Linear :
ü  Struktur linear murni
ü  Struktur linear dengan halaman tambahan
ü  Struktur linear dengan halaman pilihan
ü  Struktur linear dengan halaman alternative

C.     Struktur Linear murni :
ü  Digunakan untuk situs-situs web yang kecil, seperti personal page.
ü  Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10 halaman.
ü  Cocok digunakan untuk menampilkan isi yang bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu pokok bahasan.
ü  Kelemahan struktur jenis ini adalah ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.
ü  Pada situs web yang besar struktur ini masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk bagian-bagian penting seperti halaman-halaman registrasi.

D.    Struktur linear tambahan :
ü  Digunakan untuk menjelaskan sebuah isi sama seperti struktur linear murni
ü  Uraian ini cocok untuk membuat sebuah penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk dilewatkan.
ü  Kelemahan struktur ini sama dengan kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung tidak dapat melompat kesuatu halaman tanpa melewati halaman berikutnya.
ü  Struktur linear dengan halaman pilihan :
ü  Pada struktur ini pengunjung diberi pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman berikutnya.
ü  Struktur ini banyak digunakan pada sebagian besar situs web yang ada.
ü  Cocok digunakan untuk menamoilkan informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.

E.     Struktur linear dengan halaman alternatif :
ü  Pada dasarnya sama dengan struktur linear murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah halaman.
ü  Struktur ini hanya sedikit lebih baik dari struktur linear murni.
ü  Struktur ini digunakan untuk isi situs yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman alternatif.

F.      Struktur Grid
ü  Merupakan perluasan dari struktur linear murni.
ü  Struktur ini juga mengandung struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.

G.    Struktur Hierarki
ü  Sangat banyak digunakan oleh sebagian besar situs web. Karena struktur ini bersifat fleksibel dan mudah untuk dikembangkan jika diperlukan.
ü  Menggunakan sub-sub direktori dan membentuk level-level ke bawah.
ü  File-file yang memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu dierktori.
ü  Pada struktur ini gambar-gambar yang digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam sebuah drektori tertentu.

H.    Jenis-jenis  Struktur Hierarki :

ü  Struktur hierarki lebar/ wide hierarki
o    Merupakan struktur dasar dari bentuk hierarki dimana terdapat sebuah halaman depan yang menghubungkan halaman-halaman lain di dalam situs web.
o    Penempatan halaman-halaman selain halaman depan diletakkan dalam satu level melebar.
o    Struktur ini sering digunakan pada situs-situs web yang sederhana dimana sebuah halaman index yang menghubungkan dengan halaman-halaman isi.

ü  Struktur hierarki pendek/ narrow hierarki.
o    Mirip dengan struktur hierarki lebar, perbedaannya adalah struktur ini menempatkan halaman-halaman isi menjadi lebih “dalam” atau lebih “masuk” ke dalam.
o    Sebagian besar situs web yang ada saat ini menggunakan gabungan antara dua jenis struktur hierarki ini.
o    Perlu diperhatikan bahwa struktur-struktur dasar ini tidak dapat diaplikasikan secara mentah-mentah karena penggunaan struktur ini sangat tergantung kepada pembagian kategori isi yang akan dijelaskan.

ü  Small – World Network
Small World

Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan, yaitu:
Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua karakteristik small world network.



Contoh Klasifikasi Small-World Network:


Sebuah kategori tertentu small world network diidentifikasikan sebagai kelas grafik acak oleh Duncan Watts dan Steven Strogatz pada tahun 1998. Mereka mencatat bahwa grafik dapat diklasifikasikan menurut dua fitur struktural independen, yaitu koefisien clustering, dan rata-rata jarak dari simpul satu ke simpul lainnya (juga dikenal sebagai rata-rata panjang jalur terpendek).
Grafik murni acak, dibangun sesuai dengan model Erdös-Rényi (ER), dan menunjukkan rata-rata panjang jalur terpendek  (biasanya bervariasi sebagai logaritma dari jumlah node) bersama dengan koefisien pengelompokan kecil. Watts dan Strogatz mengukur bahwa sebenarnya banyak jaringan dunia nyata yang memiliki panjang jalur rata-rata terpendek, tetapi koefisien pengelompokan secara signifikan lebih tinggi daripada yang diharapkan secara acak atau random.
Watts dan Strogatz kemudian mengusulkan sebuah model grafik baru, saat ini bernama model Watts dan Strogatz, dengan (i) rata-rata panjang jalur terpendek yang kecil, dan (ii) koefisien pengelompokan yang besar. Crossover dalam model Watts-Strogatz antara “dunia besar” (seperti lattice / poset) dan small world network pertama kali dijelaskan oleh Barthelemy dan Amaral pada tahun 1999. Karya ini diikuti oleh sejumlah studi besar , termasuk yang mendapatkan hasil yang tepat / studinya berhasil (Barrat dan Weigt, 1999; Dorogovtsev dan Mendes, Barmpoutis dan Murray, 2010).


·          
2.4.2        Situs Jejaring Sosial
      Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
                                         Diagram Jaringan Sosial:

Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Contoh Jejaring Sosial : 

Beberapa contoh situs web jejaring sosial:
ü  Facebook
ü  Twitter
ü  Youfriends
ü  Friendster
ü  Ketiker
ü  DTwit
ü  Hi5
ü  MySpace
Analisis jejaring sosial internasional:
ü  The International Network for Social Network Analyis (INSNA)
ü  Dynamic Centrality in Social Networks
ü  Center for Computational Analysis of Social and Organizational Systems (CASOS) at Carnegie Mellon






BAB III - PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Website adalah kumpulan dari halaman – halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Web secara strukturnya diperuntukkan untuk update sesering mungkin. Website ini selain utamanya untuk diakses oleh para pengguna juga telah disediakan halaman backhend yaitu untuk mengedit kode dari website tersebut.

3.2   Saran
Kemanfaatan dan Kemudahan sebuah sistem yang diterapkan mendorong orang untuk menggunakannya, sehingga penerapan sistem tersebut menjadi optimal. Jika pihak pemilik website ingin meningkatkan perilaku pengguna dalam penggunaan website maka Kemanfaatan dan Kemudahan harus ditingkatkan. Cara meningkatkan Kemanfaatan adalah dengan memberikan banyak fasilitas atau menu yang bermanfaat bagi pengguna. Sedangkan untuk meningkatkan Kemudahan adalah memberikan petunjuk atau tutorial yang mudah dimengerti dan dapat dipelajari sendiri oleh pengguna. Dengan demikian maka Perilaku diharapkan akan meningkat yang pada akhirnya pemanfaatan website semakin optimal. Dengan semakin banyaknya akses terhadap website tersebut maka indikator keberhasilan sistem akan semakin baik.









DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Analisa Website Traveloka

Contoh Membuat Platform (kesehatan)

KEBUTUHAN DESAIN GRAFIK PADA APLIKASI WEB