PRINSIP DESAIN GRAFIS
Prinsip desain meliputi hal-hal berikut ini
1. Emphasis (Point of Interest)
Emphasis atau disebut juga pusat perhatian, merupakan pengembangan dominasi yang
bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga
mencapai nilai artistic. Ada hal yang perlu ditonjolkan lebih dari yang lain sehingga
dapat mengarahkan pandangan ke elemen tersebut.
Buat bagian utama (pesan utama yang ingin ditampilkan) dari desain berbeda dari yang
lain, baik dari segi warna ataupun bentuknya, agar perhatian audiens lebih tertuju pada bagian utama tersebut. Prinsip Penekanan disebut juga Dominasi (Domination) yang
sering juga disebut Conter Of Interest, Focal Point dan Eye Catcher. Dominasi
mempunyai bebera tujuan, yaitu untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan,
dan untuk memecah keberaturan.
Hal pertama yang dilihat oleh audien yang menjadi pusat perhatian adalah "RAMADAN" karena itulah tema atau topik yang dibicarakat. Inilah yang dimaksud dengan Prinsip Emphasis. Prinsip penekanan dapat dilakukan dengan distorsi ukuran, bentuk, irama, arah, warna kontras, dan lain-lain.
2. Kesatuan (Unity)
Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Tidak
adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat ceraiberai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman dipandang. Prinsip
ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa
mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai.
Kesatuan dalam prinsip desain grafis adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau
keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan, jika salah satu atau beberapa unsur rupa mempunyai hubungan
(warna, raut, arah dan lain-lain), maka kesatuan tersebut telah tercapai.
contoh :
ilustrasi diatas terdapat tipografi dengan gambar ikon monas sebagai kesatuan antara tema dengan ilustrasi foto
tersebut. menggunakan warna yang cocok dan font yang sesuai saling mendukung sehingga diperoleh desain yang dituju.
3. Keseimbangan (Balance)
Karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak
membuat gelisah. Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunan yang akan roboh,
kita measa tidak nyaman dan cenderung gelisah. Keseimbangan adalah keadaan yang
dialami oleh suatu benda jika semua dayan yang bekerja saling meniadakan. Dalam
bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu
keadaan dimana semua bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.
Keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Tidak berat sebelah.
Desainer harus memadukan keseimbangan antara tulisan, warna, atau pun gambar
sehingga tidak muncul kesan berat sebelah.
Ada dua pedekatan dasar dalam prinsip keseimbangan:
1. Keseimbangan Simetris: susunan dari elemen agar merata ke kiri dan kanan dari
pusat.
2. Keseimbangan Asimetris: pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di
setiap sisi halaman.
Warna, ukuran, bentuk dan tekstur dapat digunakan sebagai unsur balancing.
contoh :
antar elemen tersebut seimbang karena semua elemen terlihat penting.
4. Proporsi (Proportion)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk
memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan – perbandingan
yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang.
Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai
hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan
deret bilangan Fibonacci yang mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 :
13. Konon proporsi ini adalah perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam
termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan
oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam
perbandingan ukuran kertas dan layout halaman. Proporsi dapat diartikan pula sebagai perubuhan ukuran/size tanpa perubahan ukuran
panjang, lebar, atau tinggi, sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat
distorsi.
Pada dasarnya, proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Dalam
bidang desain, semua unsur berperan menentukan proporsi, seperti hadirnya warna cerah
yang diletakkan pada bidang/ruang sempit
.
contoh :
proporsi sudah sangat baik antar dengan perpaduan antar elemen dimana ukuran judul tulisan, penjelasan tulisan dan animasi pada gejala klinis serta objek manusia menggunakan masker.
5. Irama (Rhythm)
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk – bentuk
alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak
dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari
bentuk – bentuk unsur rupa.
Ritme adalah pembuatan desain dengan prinsip yang menyatukan irama. Bisa juga
berarti pengulangan atau variasi dari komponen-komponen desain grafis.
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk-bentuk
alah bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak
dedauan, dan lain-lain.
Pengulangan (mengulangi unsur serupa ddengan cara yang konsisten) dan variasi
(perubahan dalam bentuk, ukuran, posisi atau elemen) adalah kunci untuk menciptakan
visual ritme. Menempatkan elemen dalam sebuah layout secara berkala memberikan
kesan halus, tenang dan santai.
Jenis irama meliputi regular, mengalir (flowing), dan prosesif atau gradual. Prinsip ritme
dalam desain disebut juga prinsip pengulangan (repetisi).
Bentuk diatas merupakan contoh dari Ritme dan pengulangan pada elemen-elemen tertentu dari desain. hasilnya membentuk suatu gerakan yang terorganisir.
Komentar
Posting Komentar