Tugas Minggu ke 10

 Jenis-Jenis Desain 

Dalam hal ini desain memiliki dua jenis yaitu: 

1. Yang pertama ialah desain struktur yang merupakan wujud dari suatu benda yang terdiri dari unsur-unsur desain diantaranya susunan garis, bentuk, ukuran, warna tekstur dan nilai gelap terangnya.

Desain struktural adalah desain (gambar) yang dibuat berdasarkan garis, ukuran, bentuk, warna, tekstur, dan nilai dari suatu benda.
Tujuan dibuatnya desain struktural adalah untuk mengetahui rancangan, bentuk, model dan bahan pada baju/benda produksi lain sebelum dibuat menjadi barang yang utuh dan nyata.
Syarat- syarat desain struktural antara lain:

1. Fungsional (berguna) dalam kehidupan sehari-hari.
2. Memiliki bentuk yang indah tetapi sederhana.
3. Proposional
4. Dibuat dari bahan yang sesuai dengan fungsinya
5. Dapat dipakai sesuai dengan tujuan
 
Desain struktural dapat berbentuk benda yang memiliki tiga dimensi maupun dalam bentuk gambar dari suatu benda. Desain struktural menunjukkan bagaimana suatu benda itu dikonstruksikan dan bagaimana benda tersebut memenuhi fungsinya. Hal itu menunjukkan bagaimana unsur-unsur seperti garis dan bentuk berhubungan satu dengan yang lainnya. Bentuk yang wajar dan penampilan yang sederhana memiliki keindahan visual yang besar dan tidak pernah membosankan. Desain struktural bisa diaplikasikan dalam bentuk benda alat rumah tangga, busana, atau benda–benda yang ada disekeliling kita. 

 contoh :



 
2. Yang kedua yaitu desain hiasan yang mempunyai tujuan untuk menghias desain struktur suatu benda atau busana.

Desain hiasan adalah pola rancangan yang memperhatikan segi-segi keindahan (daya tarik) dan penampilan benda dengan tujuan untuk mempertingi mutu desain struktur .
Syarat – syarat desain hiasan :

1. Dapat meningkatkan mutu desain struktur
2. Bahan yang digunakan sesuai dengan desain struktur
3. Ukuran sesuai dengan desain struktur.
4. Ragam hias digunakan secara terbatas dan tidak berlebihan.
5. Letak motif disesuaikan dengan desain struktur.

contoh :




 Ide dalam Membuat Desain 

Salah satu sumber ide adalah imajinasi. Imajinasi, menurut Jack Stoops dan Jerry Samuelson, adalah kekuatan dari dalam diri kita yang memperbolehkan kita untuk mengalami apa yang telah kita alami, apa yang akan kita alami, dan apa yang tidak akan kita alami; imajinasi dapat menembus batasan ruang, waktu dan realitas. Imajinasi dapat membawa kita ke alam fantasi melalui dunia mimpi, yang sebenarnya adalah cermin dari keinginan dan pemikiran kita yang paling dalam. 

Strategy yang membantu kita bermain-main dengan daya imajinasi kita untuk memancing ide-ide baru melalui pembentukan bentuk baru, yaitu : 

1. Seleksi adalah proses pensortiran dimana kita menfokuskan pandangan kita ke satu bentuk tertentu untuk diobsevasi. Observasi meliputi perhatian detail terhadap bentuk, warna, cahaya, bahan, bagian-bagian daripada benda tersebut. Dengan observasi yang baik kita dapat menemukan bentuk-bentuk baru yang terdapat pada benda tersebut. 

2. Alteration(perubahan) adalah perubahan yang dilakukan pada sebuah benda sehingga tercipta sebuah benda yang baru. Penggabungan dua elemen yang berbeda, dapat menciptakan suatu bentuk baru. Apel dan resleting adalah dua elemen yang berbeda, penggabungan keduanya dan alterasi dari bentuk apel menghasilkan suatu bentuk baru yang mempunyai nilai dan arti baru. 

3. Abstraksi adalah pensederhanaan bentuk sehingga tercipta bentuk yang baru. 

4. Spontanitas adalah pencatatan semua ide yang terlintas ke dalam bentuk visual, atau dapat juga disebut dengan brainstorming. Dengan demikian tanpa kita sadari kita juga membuat alterasi ide yang satu menjadi ide baru dan mengembangkannya terus sehingga menemukan ide yang terbaik.

Manfaat Desain Grafis

Manfaat Desain Adapun manfaat desain dalam kehidupan sehari-hari yaitu: 

 Mempercepat Proses Pekerjaan Suatu pekerjaan akan dapat diperisngkat dengan menggunakan desain grafis, contohnya sebuah proposal yang harus memaparkan setiap detail perusahaan tetapi dengan menggunakan desain grafis maka akan lebih dipersingkat dengan membuatnya dalam bentuk gambar atau kurva. 

 Dapat Menyampaikan Pesan Dalam Bentuk Grafis Untuk membuat pesan dalam bentuk sebuah karya seni desain grafis tidaklah mudah, hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti kurusus desain grafis yang terpercaya agar pesan yang dibuat dapat disampaikan kepada masyarakat. 

 Menjadi Tempat Pengungkapan Perasaan Setiap orang pasti memiliki perasaan yang terkadang sulit di ungkapan, setelah belajar desain grafis di dumet school dengan sebuah aplikasi photoshop ataua adobe lainnya dapat mengungkapkan perasaan dalam bentuk grafis. 

 Memberikan Hasil Gambar Yang Lebih Menarik Dan Indah Gambar yang dihasilkan baik melalui jepretan kamera ataupun karya tangan tidak selalu menghasilkan gambar yang sesuai keinginan, dengan sentuhan desaign grafis maka gambar tersebut akan lebih menarik dan indah di lihat. 

 Dapat Menghasilkan Uang Dengan sebuah hasil desain yang telah dibuat akan memiliki nilai yang berharga, bayangkan saja logo-logo perusahaan yang dibuat dari aplikasi desain bukan sekedar bernilai ratusan ribu saja, bahkan ada yang bernilai milyaran.

Contoh Desain Dalam Kehidupan Sehari-Hari 

Berikut ini terdapat beberapa contoh desain dalam kehidupan sehari-hari, terdiri atas: 

1. Advertising (Periklanan) Periklanan merupakan salah satu penggunaan yang paling menguntungkan grafis, seniman sering melakukan pekerjaan iklan atau mengambil iklan potensial ke account saat membuat seni, untuk meningkatkan peluang penjualan karya seni. 
Sebagai contoh : Membuat kartu nama, Desain Kaos (T-Shirt). 

2. Business (Bisnis) Grafis yang umum digunakan dalam bisnis dan ekonomi untuk membuat diagram keuangan dan tabel. Istilah Usaha Graphics mulai dipakai pada akhir tahun 1970, ketika komputer pribadi menjadi mampu menggambar grafik dibandingkan menggunakan format tabel. Bisnis Grafik dapat digunakan untuk menyoroti perubahan selama jangka waktu tertentu. 

3. Political (Politik) Penggunaan grafis untuk terang-terangan politik (kartun, grafiti, seni poster, desain bendera,dll) adalah praktek berabad-abad lama yang berlangsung hingga hari ini di setiap bagian dunia. “The mural Irlandia Utara” adalah salah satu contohnya. Seni melukis di dinding atau tembok yang menceritakan konflik sejarah selama 35 tahun terakhir di Irlandia Utara. 

4. Education (Pendidikan) Grafis yang banyak digunakan adalah dalam buku teks , terutama yang menyangkut mata pelajaran seperti geografi, sains, dan matematika untuk menggambarkan teori dan konsep, seperti anatomi manusia . Diagram juga digunakan untuk label foto dan gambar. Dalam rangka edukasi, grafis berfungsi secara efektif sebagai bantuan pendidikan dan pelajar harus mampu menafsirkannya dengan baik. 

5. Film and animation (Film dan animasi) Komputer grafis sering digunakan dalam sebagian besar film ber-fitur baru, terutama bagi Film dengan anggaran yang besar. Film-film yang banyak menggunakan komputer grafis diantaranya ada Doraemon, Upin -Ipin , Harry Potter, Spider Man dan masih banyak lagi lainnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Analisa Website Traveloka

Contoh Membuat Platform (kesehatan)

KEBUTUHAN DESAIN GRAFIK PADA APLIKASI WEB